ANALISIS ARTIKEL

 

ANALISIS ARTIKEL

MEMILIH STATISTIK INFERENSIAL YANG SESUAI NONPARAMETRIK

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Matakuliah Statistik Inferensial

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

DISUSUN OLEH :

FATCHUL ULUM 220321802376

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

 

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA

2022


 

 

ANALISIS ARTIKEL

 

Link Artikel

https://e-journal.my.id/pedagogy/article/view/401/324

 

Judul

            Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Statistik Mahasiswa Melalui Pembelajaan Statistik Inferensial Berbasis Proyek Dengan Meninjau Gaya Kognitif Mahasiswa

 

Referensi

Masni, E. D., Ralmugiz, U., & Rukman, N. K. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI STATISTIK MAHASISWA MELALUI PEMBELAJAAN STATISTIK INFERENSIAL BERBASIS PROYEK DENGAN MENINJAU GAYA KOGNITIF MAHASISWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika5(2), 12-26

Tujuan

Tujuan penelitian:

1.      Mengetahui perbedaan peningkatan  kemampuan  penalaran  statistik  antara  mahasiswa  yang  memiliki gaya kognitif FI dan FD

2.      Mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi  statistik  antara  mahasiswa  yang  memiliki  gaya  kognitif  FI  dan  FD

3.      Mengetahui korelasi antara kemampuan penalaran statistik mahasiswa dan kemampuan   komunikasi   statistik   mahasiswa

 

Bahan dan metode

1.      Metode pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling.

2.      Instrumen penelitian yang dikembangkan yakni Test GEFT, instrumen tes kemampuan penalaran statistic, dan instrumen tes kemampuan komunikasi statistic

3.      Metode analisis data menggunakan kuntitatif deskriptif

 

Kelebihan dan Kekurangan Jurnal

Artikel ini memiliki kelebihan untuk digunakan sebagai referensi, di antaranya adalah:

1.      Memberikan contoh penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif.

2.      Analisis data kuantitatif

3.     
Analisis data kualitatif

Namun beberapa kekurangan dalam artikel ini menurut saya adalah:

1.      Belum ada contoh jenis wawancara yang dapat mengetahui interaksi pembelajaran.

2.      Tidak dijelaskan tentang karakteristik apa saja yang dapat mempengaruhi gaya kognitif mahasiswa.

Konsep yang dipelajari

1.      Kuantitatif Deskribtif.

2.      teknik purposive sampling.

3.      Analisis pada gaya kognitif mahasiswa.

Analisis Novelty

Artikel yang dianalisis terfokus pada penelitian yang bertujuan untuk mengetahui adanya korelasi yang kuat antara kemampuan penalaran statistik mahasiswa dan kemampuan komunikasi statistik mahasiswa. Dari artikel diketahui bahwa dalam penarikan kesimpulan didasarkan pada data dengan metode analisa kuantitatif deskribtif. Teknik pengumpulan data digunakan untuk memperoleh bahan-bahan yang relevan, akurat, dan dapat digunakan dengan tepat sesuai tujuan penelitian. Pada dunia Pendidikan, penelitian semacam ini dapat menjadi bahan pertimbangan dengan adanya temuan perbedaan penalaran mahasiswa.

 

Comments

Popular posts from this blog

Soal Olimpiade IPA Suhu dan Kalor